Tangki Atmospheric adalah tangki yang di design dengan tekanan atmospher atau sesuai dengan API 650 dan API 620, di Indonesia lebih dikenal dengan tangki timbun, Technical Note Pustek E&T kali ini memberikan penjelasan mengenai jarak minimum antar tangki (inter tank) terutama pada Terminal BBM ataupun Tank Farm untuk tangki dengan fluida cair mudah terbakar. Terdapat beberapa metode yang umum digunakan untuk menentukan jarak aman antar tangki, seperti menggunakan standard NFPA 30, GAPS, ataupun dengan menghitung langsung Heat Flux yang diterima tangki disebalahnya. 

Dalam mendesign layout tangki, beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah : 

  • Inter Tank Spacing, atau jarak antar tangki di tank farm, hal ini diharpkan apabila terjadi kebakaran pada salah satu tangki, heat flux yang terjadi akibat kebakaran diharapkan tidak menimbukan self ignation pada tangki di sebalahnya.
  • Kapasitas Tangki, Besaran diameter dan tinggi dari tangki berpengaruh terhadap kapasitas tangki, kapasitas tangki berpengaruh terhadap heat flux yang terjadi bila terjadi kebakaran.
  • Arah Angin, lidah api dapat berbelok dan begeser apabila terkena angin dengan sudut tertentu dan kecepatan tertentu.
  • Jarak Tangki ke peralatan selain tangki, namun bertekanan misalnya pressure vessel, piping system.
  • Jarak Tangki ke bangunan, misalnya bangunan admin, bangunan ruang kontrol.
  • Peletakkan Tank Farm di sarankan diletakkan pada selevel atau lebih rendah dibandingkan dengan processing unit, hal ini dimaksudkan agar apabila terjadi incident tumpahan liquid dalam tangki tidak masuk ke dalam prosessing unit.
  • Memastikan bahwa bundwall, drainage didesain untuk kapasitas apabila terjadi kebocoran, dan untuk drainage harus dipastikan bahwa aliran drainase dari tangki tidak mengarah ke prosesing area.
  • Untuk tangki yang mudah terbakar disarankan diletakkan paling jauh dibandingkan dengan tangki lainya, untuk meminimalisir efek dari incident apabila terjadi. 

Penjelasan lebih terperinci silahkan membaca technical note berikut atau mendownload pada link yang tersedia

Pustek-Technical-Note-Jarak-Antar-Tangki

Technical note