Pelepasan Peserta Magang 2020

Presentasi Akhir Peserta Magang

Setiap tahun, PT.Pustek menyelenggarakan magang sebagai wujud untuk menjaga kesinambungan pengembangan dan trasfer ilmu pengetahuan di Indonesia, magang perusahaan memberikan manfaat diantaranya :

  • Memberikan pengetahuan mengenai sistem pekerjaan pada Perusahaan.
  • Menciptakan kedisiplinan sesuai dengan peraturan perusahaan.
  • Memberikan pengetahuan teknis dan non teknis, seperti bagaimana cara menyampaikan pendapat, berkomunikasi, bekerjasama dengan team.
  • Belajar secara langsung secara berkala untuk memecahkan permasalahan keteknikan di dunia kerja, tim Pustek memberikan training langsung kepada peserta Magang sesuai dengan bidang kejuruan asal, dibagi menjadi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Instrumentasi.
  • Belajar menyelesaikan studi kasus keteknikan sesuai dengan bidang kejuruan, bersama dalam satu tim dengan berbeagai anggota.
  • belajar mengimplementasikan HSE pada setiap kegiatan, baik di kantor, perjalanan maupun di luar kantor, di saat jam kerja kantor sudah selesai.

terlebih dalam kondisi Pandemi saat ini, Disiplin kesehatan sangat diharuskan untuk selalu dipenuhi, PT. Pustek mendorong keterlangsungan kegiatan dengan mengatur waktu masuk setiap personnel, mengatur jam kerja, jarak tempat kerja, penyediaan tempat cuci tangan, dan peralatan pendukung lainya.

Peserta Magang dibagi berdasarkan jurusan dan tingkatan pendidikan, setidaknya yaitu :

  • SMK, SMA atau yang sederajat, Peserta dari SMK akan diarahkan kepada tugas yang bersifat teknikal dan aplikatif secara langsung di dunia kerja.
  • D3, S1 menyesuaikan dengan jurusan, diarahkan kepada pengembangan kemampuan teknis, terutama desain, kalkulasi dan problem solving.
  • Fresh Graduate, peserta magang dari fresh graduate secara langsung akan diterjunkan ke tempat kerja sesuai bidang yang diminati, dengan melakukan observasi dan mempelajari problem solving ke arah teknikal.

Lama waktu magang bervariasi, dengan paling cepat selama 3 bulan, Pada setiap akhir kegiatan magang, setiap peserta diwajibkan membuat presentasi akhir terhadap pembelajaran dan studi kasus yang telah dikerjakan.

pada December 2020, kurang lebih 5 orang dari SMK, 4 Orang dari D3, dan 3 Orang dari S1 mempresentasikan hasil studi kasusnya didepan Engineer dan Lead Engineer di kantor PT. Pustek. Dengan presentasi akhir, peserta magang dinyatakan lulus, dan diharapkan dapat mengimplementasikan keilmuannya di masyarakat luas.