Custody Gas Metering Station

Client

PT. Catur Elang Perkasa

Location

Tomori, Sulawesi

Deliverables

Topography, Peta, Metering System, Pipeline System

Year

2019

Gas metering station adalah salah satu bagian industri hilir pengolahan gas yang berkaitan erat dengan pengukuran flowrate. Proses tersebut dikenal dengan istilah custody transfer dimana debit dan energi diukur secara akurat sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman maupun kecurangan antara pihak penjual dan pembeli. Oleh karena itu maka dibutuhkan sistem instrumentasi pengukuran yang tepat dan dapat memonitor pengukuran di lapangan. terdapat beberapa jenis alat ukur yang sering digunakan untuk pengukuran gas, yaitu USM (ultrasonic meter), Oriffice Meter, DP Meter, dan Turbine Meter, untuk kapasitas kecil, sering dipakai Turbine Meter dan Dp Meter, pemilihan dari jenis metering mengacu ke effisiensi, budget dan keakuratan.
Proyek metering berlokasi di Tomori, Sulawesi mempunyai tantangan tersendiri, karena lokasinya yang bersifat remote area, untuk itu semua peralatan dibuat dalam bentuk package equipment, sehingga mudah untuk diassembly di lapangan.
komponen dalam station metering ini terdiri dari, Fire Water System, Telecomunication sysem, Pressure Reducing system, Gas Filter and Separation, Sludge handling System.