Package Equipment Engineering Service, Case Gas - Liquid Separator

Liquid dan Gas separator umum digunakan untuk test separator dan production separator,  terdapat dua tipe, horizontal maupun vertical, tergantung dari flowrate, fluida dan spesifikasinya. Horizontal cocok dipakai untuk gas dan fluid ratio yang kecil, sedangkan bila gas dan fluid ratio besar maka disarankan memakai vertical separator.

Desain dari separator cukup mudah, pada bagian atas adalah tempat gas melewati dikumpulkan dan dialirkan ke piping system, sedangkan pada bagian bawah adalah tempat liquid dikumpulkan, lalu disalurkan ke piping system khusus liquid. prinsip kerjanya fluida campuran masuk melalui samping atau bagian atas, gas dengan masa jenis ringan akan naik keatas dan terhubung dengan sistem piping, sedangkan liquid yang masih dalam bentuk kabut terhalang oleh mist eleminator, terkumpul sehingga berubah menjadi dropplet dan jatuh ke kompartment liquid. Pemilihan internal separator yang tepat dapat membuat separator bekerja semakin effisien.

gambar diatas adalah salah satu contoh 2 phase separator dengan kapasitas 20 MMSCFD, turn down rasio hingga 10%, didesign dalam bentuk skid, dengan maksimum ukuran truck 20 feet, agar mudah untuk dipindahkan.

Client 

PT. Prosympac Oil and Gas

Tahun 

2018

Lokasi

Pertamina EP