Dalam menentukan estimasi harga pipa, sering kali mengalami kendala karena harga besi di seluruh dunia bersifat fluktuatif, sesuai dengan core bisnis dari PT.PUSTEK E&T bergerak di bidang konsultan teknik, kami telah melalukan penelitian dan record terhadap harga pipa Seamless dari tahun 2015 sampai dengan 2017, dengan adanya prediksi harga berikut diharapakan memudahkan pelaku bisnis dalam melakukan estimasi berapa biaya pembelian pipa.

Ruang Lingkup prediksi dan data biaya pipa berikut mempunyai batasan antara lain

  • Harga yang dipakai adalah harga Pipa Seamless
  • Tipe Pipa adalah API 5L, PSL 1 dengan grade yang di variasikan
  • Harga adalah Bare Pipe, belum termasuk Coating, misal concrate untuk 3LPE ataupun Concrate Coating
  • Harga di dasarkan pada manufactur China, India, Korea, Jepang dan Eropa
  • Total manufactur atau brand yang tercapat pada penelitian berikut adalah 10 Brand.
  • Prediksi dan record harga berikut adalah FOB pelabuhan terdekat, tidak termasuk transport.

Grafik dibawah berikut merupakan representasi dari harga pipa berdasarkan grade, Yaitu Grade B, X42, X46, X52, X56, X62 dan X70,  grafik berbentuk kotak adalah titik Minimum dan Maximum harga yang terjadi selama tahun 2015 sampai dengan 2017, sedangkan grafik garis adalah prediksi minimum  harga (bada garis bawah) dan prediksi harga maximum (pada garis atas) untuk tahun 2018.

Secara umum, dengan meningkatnya Grade pipa, range harga baik untuk minimum dan maximum akan naik. harga terendah adalah API 5L Gr.B PSL 1 yaitu 750 US/Ton, sedangkan untuk tahun 2018 harga estimasi terendah untuk jenis pipa sama adalah 703 USD/Ton. harga pipa untuk Grade B, X42, dan X46 diperkirakan tidak mengalami penurunan yang significant cenderung sama dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan permintaan untuk grade tersebut relativ stabil.

Bila dilihat dari grafik diatas, range harga tergolong tinggi misalnya untuk X42 range harga dari 900 USD/Ton sampai dengan 1650 USD/Ton, hampir dua kali lipat, perbedaan harga yang cukup tinggi ini disebabkan harga material dari china cenderung murah, per ton sekitar 900 USD sampai dengan 1200 USD/Ton, sedangkan harga di Indonesia misalnya bekisar di antara 1200-1400 USD/Ton, harga tinggi didapatkan dari brand Eropa, dimana harga brand eropa setidaknya 1400 USD/Ton.