Hasil optimal dipengaruhi oleh alat, personnel, metode, dan kaliberasi, keempat komponen tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi PT.Pustek E&T untuk terus memastikan kesesuaian metode, alat, kaliberasi dan personnel yang berkompeten, banyak terdapat metode survei topography seperti menggunakan GNSS RTK, Theodolite, Total Station, Photogrammetry, LIDAR Drone, RTK Drone, dan lain-lainya.

Survei Topographi

Penggunaan pengalaman survey topo

Contact

Hasrudin Salam
Survei Manager
kontak[at]pustek.com

Ade Iskandar
Manager Engineering
ade.iskandar[at]pustek.com

Survei Topografi dibutuhkan diberbagai bidang industri, selama masih berhubungan dengan kondisi lingkungan, tanah, air maka survei tersebut mutlak diperlukan, arti dari Survei Topografi secara sederhana adalah kegiatan pengambilan data, indentifikasi, suatu kontur atau profil wilayah pada object tertentu menggunakan alat ukur, yang dilanjutkan dengan pengolahan data sehingga dihasilkan gambar dan peta sesuai dengan tujuan survei. object indentifikasi pada saat survei dapat berupa object yang terbentuk secara alami di alam misalkan sungai, batuan, hutan, tebing, pohon, ataupun object hasil dari pembangunan manusia, misalnya jalan, jembatan, bangunan, tiang listrik dan sejenisnya.

Terdapat beberapa jenis peralatan dan metode topography yang umum digunakan saat ini, yang paling sering digunakan adalah :

  • GNSS, Real Time Kinematics, kemajuan alat ini cukup significant, dengan range akuransi dari 3 mm hingga 3 cm, alat ini sangat efektif digunakan pada area yang luas dan membutuhkan waktu yang cepat dalam pengambilan data.
  • Total Station,  presisi digunakan untuk pekerjaan validasi topography, dengan kedalaman yang beragam,  banyak digunakan pada area yang padat, dan pencahayaan bagus.
  • Aerial Drone, untuk wilayah yang lebih luas lagi, misakan untuk mengetahui area catchment hujan, wilayah vegatasi, maka aerial drone cukup efektif dalam pengambilan data, namun harus didukung dengan software yang mumpuni.

Keuntungan Topographi

  • Mendapatkan detail gambar, koordinat, elevasi dari tanah, hal ini mengurangi resiko dari ketidaktahuan atau kesalahan akibat hal yang tidak diketahui.
  • Mendapatkan pemahaman terdapat kondisi topography, sangat bermanfaat terhadap pembuatan structur, proses layout bangunan, pemilihan jalur drainase, jalur jalan dan lain sebagainya.

Peralatan Survei

  • GPS Garmin Type 5000 dan 7000, 5 Unit
  • GPS RTK Base, Multi chanel, Multi Satteline, 4 Unit
  • GPS RTK Rover, Multi chanel, range 5 km, 3 Unit
  • GPR RTK Rover, Multi chanel, range 8 km, 2 unit
  • DJi Drone untuk Pemetaan dan foto
  • Batry / depth logger, singgle beam, 1 Unit

Optimalisasi Topographi

Hasil optimal dipengaruhi oleh alat, personnel, metode, dan kaliberasi, keempat komponen tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi PT.Pustek E&T untuk terus memastikan kesesuaian metode, alat, kaliberasi dan personnel yang berkompeten, banyak terdapat metode survei topography seperti menggunakan GNSS RTK, Theodolite, Total Station, Photogrammetry, LIDAR Drone, RTK Drone, dan lain-lainya.

Studi Kasus

Tim Pustek E&T, bersiap melakukan pengambilan data untuk Topography Pipeline.

Survei Topography Penggantian Pipeline Rokan

Dispersi, sebaran dari hasil buang cerobong atau vent stack dipengaruhi oleh flowrate gas buang, diameter cerobong, ketinggian cerobong dan tentunya kecepatan, dan arah angin berhembus, CFD membantu mengestimasikan dengan cepat, fraksi gas buang dari vent stack terhadap lingkungan sekitar. dari case ini dketahui berapa tinggi efektif dari vent stack yang aman terhadap lingkungan sekitar

Salah satu tim PT.Pustek E&T sedang menyiapkan peralatan survey GNSS RTK

Arrangement Tank Farm

CFD membantu menentukan layout arrangment tank yang tepat, hal ini untuk menjaga resiko seminimal mungkin terjadinya kerusakan yang timbul, misalnya akibat kebakaran, kecepatan angin akan langsung meningkat apabila melewati celah sempit, apabila tidak diatur dengan tepat, sangat mungkin saat terjadi kebakaran, api akan dengan cepat bergerak dan menyambar tangki lainya.

Fungsi lain dari CFD pada kasus ini adalah untuk mencari tahu hydrodynamic force, perubahan kecepatan berpengaruh besar terhadap hydrodynamic force, CFD dapat memprediksi gaya yang diterima tangki dengan tepat dan cepat terutama saat terjadi kecepatan angin yang tinggi, misalnya pada saat terjadi badai.