Training dan Sosialisasi Behaviour Based Safety

Berdasarkan statistik, 80% lebih kecelakaan kerja dikarenakan karena adanya kelalaian dari unsur manusia !

Behavior Based Safety (BBS) adalah upaya pencegahan kecelakaan secara proaktif yang berfokus pada At Risk Behavior atau perilaku berbahaya yang berpeluang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Berdasarkan statistik, 80% lebih kecelakaan kerja dikarenakan karena adanya kelalaian dari unsur manusia, Penerapan K3 berbasis perilaku (Behavior Based Safety) merupakan kegiatan yang menumbuhkan keterikatan antara manajemen dan para pekerja yang perhatian dan tindakannya fokus ditujukan pada perilaku untuk meningkatkan kinerja K3 dalam kegiatan sehari-hari.

Berdasarkan dari data statistik kecelakaan kerja bahwa, lebih dari 85% kecelakaan disebabkan oleh unsafe action atau perilaku berbahaya dan dengan BBS atau perilaku berbasis K3 ini, unsafe action sebagai penyebab kecelakaan bisa dikurangi yang akhirnya tercapai nol kecelakaan kerja.

Training BBS dilaksanakan secara berkala di lingkungan PT. Pustek E&T, baik secara internal ataupun eksternal, training internal dilaksanakan setidaknya 1 kali dalam satu tahun untuk engineer, dan 1 kali untuk pekerja di lapangan dalam setiap proyek, apabila lebih dari 1 bulan berada di lapangan.

Training BBS dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2022, diikuti secara online mulai dari level manager, hingga engineer, pengajar merupakan HSE Engineer yang telah tersertifikasi, training ini diharapkan mampu meningkatkan awaraness dari TIM PT.Pustek E&T dilingkungan kerja.

Author