Pelatihan Penyusunan Job Safety Analysis

Jobs Safety Analysis (JSA)
PT. Pustek E&T memberikan pelatihan kepada seluruh tim survey mengenai pentingnya menyiapkan JSA sebelum melakukan aktifitas dilapangan.

Terdapat berbagai faktor yang dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan kerja, apalagi pada kondisi tim Survei harus melakukan survei, didaerah remote, di hutan belantara dimana binatang buas dapat muncul kapan saja, atapun survey di wilayah padat, dimana bahaya seperti lalu lintas dan utilitas exisiting perlu menjadi perhatian. untuk itu maka perlu dilakukan identifikasi bahaya di tempat kerja. Identifikasi bahaya di tempat kerja perlu dilakukan, kemudian dievaluasi dan bila berada di luar standar yang ada maka dapat dilakukan pengendalian yang memadai di tempat kerja agar aman bagi pekerja.

JSA adalah teknik manajemen keselamatan yang fokusnya pada identifikasi bahaya yang berhubungan dengan rangkaian pekerjaan atau tugas yang dilakukan. JSA berfokus pada hubungan antar pekerja, tugas/pekerjaan, lingkungan kerja dan peralatan.

Pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh tim Survei, namun banyak juga engineer yang ikut serta dalam pelatihan berikut, pelatihan ini merupakan wujub komitment PT. Pustek E&T untuk terus berkomitment menjaga lingkungan kerja yang sehat, aman dan berkualitas.

Contoh Job Safety Analysis

Pustek-JSA-Pekerjaan-Survey-1-3

Manfaat Job Safety Analysis

Metode JSA, terbukti dapat mengurangi atau mengendalikan resiko, manfaat JSA antara lain :

  • Dapat menemukan bahaya fisik yang telah ada pada suatu pekerjaan dan sekaligus dapat menentukan metode yang tepat untuk menghilangkan atau mengendalikan kondisi dan tindakan yang dapat membahayakan.
  • Penerapan standar pekerjaan yang aman.
  • Setiap bahaya yang muncul dapat diidentifikasikan dan perusahaan menetapkan pengendalian risiko.
  • Memastikan prosedur kerja yang dilakukan adalah prosedur kerja aman.
  • Menjalankan komitmen perusahaan di bidang K3.
  • Dapat menentukan jenis alat perlengkapan pengaman yang tepat sesuai jenis pekerjaan dan dapat untuk menentukan kualifikasi petugas, seperti kondisi kesehatan, keterampilan atau kemampuan khusus yang diperlukan.

Author